Wednesday, June 18, 2014

Orderan Kue Ulang Tahun

Jam dinding tepat di atas kepala saya jelas sudah menunjukkan waktu pukul tiga dini hari dan saya masih melek di depan monitor. Ini akibat dari blog walking dan berakhir kepo yang melahirkan keinginan untuk update tulisan di blog. Bah! memang kalau sudah kena virus hibernasi dari nulis di blog ya gini memang. Sebenarnya sudah banyak buntelan-buntelan cerita yang pengen di tulis. Tapi apa daya.. mau gerakin tangan mencet tombol cpu aja rasanya males banget hahaha. Dan ujung-ujungnya malah update blog plus pake begadang. Padahal saya ini ga kuat-kuat amat begadang haha. Besokannya bisa kayak zombie soalnya -_- Tapi berhubung niat nulis lagi menggebu-gebu, jadilah saya nulis ini daripada nanti niatnya jadi mubazir hahaha.

Jadi beberapa hari yang lalu, tepat hari Sabtu tanggal 14 Juni 2014, alhamdulillah saya dapat orderan pertama saya bikin kue. Rasanya seneng banget! Walaupun sebenernya saya masih (selalu) dalam tahap belajar, tapi pengen banget buat di seriusin dan akhirnya orderan pertama itu datang jugaaaaa hehehehe. Padahal biasanya saya bikin kue cuma buat lebaran atau dimintain tolong hihi. Jadi rasanya seneng pake banget waktu sepupu mamah nelpon buat mesen kue ulang tahun anaknya.

Ternyata orderan kue pertama saya ini ceritanya jadi panjang. Iya panjang banget. Karena ada hal-hal yang gak saya duga sebelumnya dan malah kejadian. huhuhu.. Tapi alhamdulillah kuenya berakhir dengan selamat :') Pokoknya drama abis deh proses pembuatan kuenya ini hahaha. Berhubung kue nya ini dipakai untuk hari sabtu, jadilah saya nyiapin bahan-bahannya dari jumat dan rencana buat bikin cake base nya hari jumat malam supaya gak keteteran. Nah penyakitnya cakery newbie kayak saya ini sukanya coba-coba resep dan fatalnya suka mbalelo dari resep asli hahaha (jangan ditiru). Tapi kan kalau gak eksperimen nggak belajar.. yakan? yakan? *ngeles* :P

Alhasil kue dengan resep coba-coba itu berakhir gagal. Nggak bantet sih, cumannya karena saya ganti ukuran loyangnya jadinya ya gitu, ceper secepernya. Kegedean rupanya si loyang. Akhirnya saya balik ke resep andalan punya mamah dari jaman baheula. Jadinya memang lebih sip! Karena semua takaran dan loyang pas hehehe *bandel sih lu may!*

Nah, berhubung akhirnya saya bikin kuenya jadi sabtu pagi, jadinya saya skip nggak ke warung paginya. Ngebut bikin si kue sepagian. Belum lagi drama sepagian seisi rumah karena rempong mau pergi ke Samarinda, kecuali saya. Pusssyyyyiiing! hahaha. Yang tambah hebring lagi nih, kayaknya ada yang salah sama oven saya. Kok dia nggak mateng-mateng yah si kue. Padahal dengan waktu yang sudah ditentukan seharusnya udah mateng. Akhirnya saya kutik-kutik lagi lah si oven. Alhamdulillah mulai ada perubahan. Ngedongkrong lah saya di depan oven, mantengin sambil megangin senter hahaha. Nggak lama karyawan warung nelpon rumah. Katanya ada pesenan box musti dianter sekarang dan karyawan saya nggak bisa anter karena ada pesenan mendadak 100 bungkus yang musti diambil waktu itu juga. Bah! kue saya gimana iniiiiiiiiii????? SAYA PANIK!

*MUTER OTAK* ya Allah, orderan pertama kue saya kok gini-gini amat yaak dramanya..

Saya coba coblos lagi kuenya pakai lidi dan dalamnya masih basah. Hampir matang. Tapi kalau saya keluarin sekarang = bunuh diri. Kalau saya keluarin nanti = gosong. Ting! Akhirnya saya gambling untuk nurunin suhu oven dan perkirain waktu yang saya butuhin untuk nganter kotakan. Kalau saya nganter kotakan dari pergi terus ke warung ambil kotak terus ke tempat futsal ornet (tempat yang mesen) terus balik ke rumah lagi kira-kira butuh waktu 30 menitan. Akhirnya saya pasrah aja sama Allah untuk nurunin suhu oven dan berdoa semoga si kue tetep konsisten matengnya dan nggak gosong selama saya pergi nganter kotak. Dan kebetulan hari itu hujan lumayan deres, asik! Semoga doa saya makbul, aamiin! Allahumma shoyyiban nafi'an :)

Iya, jadi saya nganter kotakan dengan ninggalin oven saya yang nyala dan masih dalam keadaan manggang kue. Pasrah deh pokoknya saya pasrah -___-

Sepulangnya dari balik anter kotakan, saya langsung ngecek ke oven. Udah kebat-kebit aja itu kalau-kalau keadaan si kue diluar perkiraan saya alias gosong! Tapiiiii... jeng jeng jeng jeeeeeng!! Alhamdulillah si kue dalam keadaan sehat walafiat dan mengembang sempurna. Terima kasih Allah :D Nikmat yang mana lagi yang engkau dustakan, May? Sujud syukur pokoknya ngeliat si kue ternyata dalam keadaan okeh huhuhuu *nangis terharu*. Akhirnya si kue saya keluarin dari oven dan gak lama setelah agak dingin saya dekor pakai dark chocolate dan ganache :)

Alhamdulillah, my first cake order has been accomplished beautifully *muji kue sendiri, lagian siapa lagi yang muji, soalnya lagi sendirian di rumah hahaha*

  
choco mud cake


cheers,

mayang alfina



2 comments:

  1. Aku ulang tahun buatin kue may ya.hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diatur itu .. nanti aku bikinkan yang ada gambarnya bunda dorce . okesip!

      Delete