Tuesday, November 29, 2011

Field Trip

Monday, November 28 2011 - Field Trip to Coca Cola Bottling at Cibitung

Senin pagi yang cerah sebenarnya, cumannya karena cuma tidur sekitar 3 jam jadinya rada sepet di mata dan agak puyeng di kepala hehe. Hari ini bakal ada field trip ke Coca Cola Bottling di Cibitung. Field trip ini termasuk dalam rangkaian mata kuliah Production and Operation Management. Makanya kita pengen di kasih lihat nih gimana proses manufaktur dari produk Coca Cola.

Nah, jadwal yang ditempel di mading kampus musti kumpul jam 7.15. Okeh .. gw berangkat dari kosan sekitar jam 7an. Ternyata berangkatnya jam 8an kawan-kawan. Sesuai dugaan gw sih sebenernya, 99% pasti bakal ngaret, aaahhh .. Indonesiaku. Karena seangkatan cuma 80an orang jadinya kita cuma dibagi jadi 2 bus. Akhirnya kita berangkat jam 8an dan sampai Cibitung kira-kira jam 9an lah. Pas sampai di sana, kita langsung dibagiin visitor badge dan langsung diarahkan ke ruang auditoriumnya. Nah, disitu kita di kasih sambutan sama orang Coca Cola nya dan dikasih tau sejarahnya Coca Cola.

Setelah selesai nih, kita masuk ke pabriknya untuk lihat proses produksinya. Kita dibagi jadi tiga kelompok dengan satu orang supervisor bagian produksi. Tapi sayangnya momen ini ga bisa diabadikan. As you know, it's one of piracy act if we took the picts. That's the copyrights behind. 

Pas masuk ke ruangan produksinya nih, yang GUEEEDDEEE banget, ternyata suhunya panasnya puuooll .. Suhu dari ruangannya ternyata di atur sedemikian rupa supaya sesuai sama suhu produksi setiap produk-produk ini. Work stationnya macem-macem. Ada yang dari pembuatan sirup, sanitasi botol, pembuatan botol, pencucian botol, pengepakan botol, dan lain-lain. Cukup amaze juga pas masuk. 80% proses produksi menggunakan mesin. Sebenernya sih katanya bisa kalau semua mesinisasi, cuman katanya, pihak pengelola gak mau tidak melibatkan masyarakat sekitar. Well, nice decision.

Setelah keliling pabrik, kita masuk lagi ke auditorium dan di kasih minuman gratis. You can choose every favor that you like hehehe .. habis itu ada tanya jawab, trus pulang deh dan paper kelompok pun menanti. Oh yaa .. sepanjang field trip gw berniat untuk menikmati field tripnya "saja" tanpa mencatat. hehehhe jadi maap yaah teman-teman sekelompokku .. hihihiihi. Habisnya si abang supervisornya gak jelas ngomongnya, kalah sama suara mesin.. yang awalnya udah niat nyatet eeehhhh ....langsung ilang :P

hm .. yea i do love

ini bukan iklan

oke , ini juga bukan iklan hehe

cheers,


mayang alfina

No comments:

Post a Comment