Wednesday, April 3, 2013

Sweet Escape to Jogja (Part 2)

Selama diperjalanan Jakarta-Jogjakarta alhamdulillah semua lancar, aman, nyaman, dan terkendali ehehe. Walaupun emang terapi bemper sebelah belakang emang gak bo'ong yeee. Secara hampir 10 jam kita duduk di kursi yang hampir tegak sembilan puluh derajat. Paling mentok juga ngelurusin kaki biar gak kesemutan hahaha. Tapi jangan sediiiih .. untungnya kita ngambil kereta malam, jadinya udara dan suasana kereta tetep adem plus di tambah angin cepoi-cepoi yang berubah jadi angin (agak) badai waktu tengah malam.

Sekitar pukul tujuh pagi kita sampai di Stasiun Lempuyangan - Jogjakarta. Sekilas pemandangan kota Jogja agak mirip Bandung waktu di liat dari atas rel beberapa lama sebelum sampai di Lempuyangan. Arsitekturnya klasik jawanya dan atap-atap bangunan rumahnya yang sebenernya bikin agak mirip. Sampai di depan stasiun kita bertujuh (minus Fenny yang nyusul malemnya) nyari kendaraan buat ke penginapan di daerah Pugeran. Awalnya mau taksi, tapi kok penuh terus agak ragu. Mau ojek, ntar misah dan harganya gak bisa ditawar lagi. Akhirnya ada mobil carteran yang bisa. Dengan tarif Rp 40.000 buat bertujuh akhirnya kita ke penginapan buat loading barang-barang.


at the train

Penginapan yang kita inepin selama dua malem ke depan lumayan oke. Well, sebenernya agak di bawah ekspektasi karena ternyata agak beda sama di photo. Tapi ya udahlah cuma di pake buat tidur ini dan emang sesuai budget hehehe. At least, kamar mandi udah di dalem, ada sarapan kue + teh tiap pagi, kipas angin, plus di kasih tipi :)

Habis naroh-naroh barang kita langsung berangkat ke destinasi yang udah disusun sama Udib sebelumnya. Tujuan kita buat hari pertama adalah: TAMAN SARI, MASJID BAWAH TANAH, KERATON, terus malemnya: ALUN-ALUN SELATAN.

1. TAMAN SARI

Usut punya usut, ternyata penginepan kita emang deket banget sama Taman Sari. Tinggal jalan kaki gituuuu .. yang awalnya saya kira bakal naek kendaraan. Ternyata ada jalan tikusnya. Lewat perkampungan gitu dan jalannya emang rada muter-muter dikit dan pakai acara nyasar. Dari jalan besar kita masuk ke perkampungan gitu. Satu kesan yang saya dapet adalah: BERSIH. Salut banget lah sama warga Jogja. Walaupun hari itu matahari Jogja lagi gak nyantai banget tapi kita bertujuh tetep semangat buat tujuan pertama kitaaak yaitu: TAMAN SARI!

Pertama-pertama excited nyari jalan. Kedua-kedua udah mulai keringetan karena terik banget! Ketiga-ketiga kita nyasar. Dan akhirnya ketemu pintu kecil menuju Taman Sari. Waktu masuk sebenernya agak bingung, ternyata pintu yang kita masukin dari arah perkampungan adalah pintu belakang Taman Sari. Ya okelah -.- Konsekuensinya apa? Kita jadi gak bayaaaaaarrrr karcis masuk! Huahahahaha ...

Dengan pe-de nya kita ngiterin area Taman Sari yang dulunya adalah tempat mandi sultan beserta selir-selirnya. Tempatnya unik dan sebenernya agak terlihat sakral gitu yaaa untuk sebuah tempat pemandian. Oh ya, di Taman Sari ini kita bisa milih mau pakai tour guide atau gak. Bebas aja. Mau yang santai sambil photo-photo boleh atau mau ngerasain wisata sejarahnya plus cerita jaman dulu dari tour guide nya juga boleh. Tergantung kenyamanan pemirsah sajah :)

Area Taman Sari ini, ternyata udah dikelilingin sama perkampungan. Jadi sempet mikir kalau dulunya gimana yaah? Masak iya tempat pemandian sampingnya rumah warga. Emang sultan kagak jeles? Oke ini pemikiran aneh. abaikan.








2. MASJID BAWAH TANAH

Naah, gak jauh dari Taman Sari kita jalan kaki lagi lewat perkampungan untuk menuju ke Masjid Bawah Tanah. Masjid Bawah Tanah ini menurut saya gak kalah unik. Yah walaupun saya gak begitu ngerti sama syar'i nya gimana untuk pelaksanaan sholat dulunya, soalnya tempat imamnya di tengah-tengah penjuru mata angin gitu, tapi overall bentuk bangunannya unik dan penuh dengan konsep fisika. Kenapa? karena tanpa pengeras suara, suara kita bisa bergema ke segala penjuru yang ada. Hemat listrik toh? Gak perlu pake toa toh? hehehe

Tapi emang rada gelap sih di dalam. Jadi agak spooky-spooky gimana gitu. Tapi yang mau photo prewed di situ bisa jadi alternatif looh .. #salahfokus

3. KERATON

Nah, dari Masjid Bawah Tanah ke Keraton ini juga agak menguras tenaga di siang bolong. Pertamanya tanya sama tukang becak. Dan kata si abang deket aja. Ya okelah kita dianterin. Tapi kok yaaa gak nyampe-nyampe??? Ternyata kita keknya ada jalan sekitar 2 kiloan kali yaaak di bawah matahari yang mencelong terik sekaleeeeehhh. Ngalah-ngalahin Jakarta maaaaakkk...

Tapi akhirnya kita sampai di keraton...

Sampai di Keraton kita masuk dan di anterin muter sama abdi dalem disana. Ternyata yaah, banyak loh anak muda Jogja yang daftar jadi Abdi Dalem di keraton dan katanya sampai istilahnya waiting list gitu karena saking banyaknya yang mau. Salut banget mbak sis dan mas bro :)

Di dalem keraton suasananya lebih hening dan terkesan sakral. Apalagi banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang udah dari jaman jebot dan masih ada sampai sekarang. Good Job pak sultan d(^.^)b
 

4. ALUN-ALUN SELATAN

Kesini juga pake acara jalan kaki. Pokoknya seharian diisi sama jalan kaki. Ada deng naek becaknya hehehe. Tapi most of all yaa jalan kaki. hehehe.



Di alun-alun selatan Jogja ini ternyata tempatnya si beringin kembar yang fenomenal. Setelah sekian lama cuma liat di tipi-tipi akhirnya ngeliat juga secara langsung. Tadinya kita mau cobain jalan di antara dua beringin kembar ini, tapi karena becek gak jadi kaaaak ..

Jadilah kita naek odong-odong tiga kali putaran yang sukses bikin kaki gempor. Niat banget yaaak 3 kali puteran haha. Gak mau rugi soalnya. Setelah muter-muter tanya sini-tanya situ harga yang oke, dapetlah 3 kali puteran dengan harga Rp 35.000 dimana abang2 yang laen cuma dapet dua kali puteran. Serunya naek odong-odong ini adalah kita sendiri yang ngegoes, bukan abang-abangnya. Jadilah kita ngiterin alun-alun sambil ketawa-ketiwi plus teriak histeris kalo udah mau nyerempet motor, atau mobil, atau orang, atau odong-odong yang lain. FYI, jalur odong-odongnya nyampur sama semua jenis kendaraan. Jadinya yaa gitu, EH KE KANAAAAANNN!! AWAAASS!! EH KE KIRIIIIII!! AWAAASSS!! MOBIL DI SEBELAH!! EH ADA MOTOR STOOOOPPP!! AWAS ABANG2 JUALAN CILOOOOOOK!! AWAS ADA ABANG GANTENG!! SAMPERIIIINNN ... *hahaha yang terakhir bo'ong deng*

Setelah capek ngider tiga kali puteran, habis itu laper. Eh ada babang duren. Jadinya kita lesehan sambil makan duren. Masih laper. Akhirnya ngaso di lesehan. Pertama kalinya saya nyobain wedang ronde dan ternyata ENAK! sebelumnya paling males kalo minum atau makan yang bau-bau jahe gitu. Etaapiii yang ini enak hahaha. Yang lain juga pada mesen wedang ronde, ada juga yang pisang keju coklat, roti bakar, sama jagung bakar.





Over all, awal yang menyenangkan di Jogja. Kota yang santai, bersahaja, dan gak neko-neko. Awalnya rada shock culture karena ritmenya agak beda sama Jakarta. Kalo di Jakarta jalan kayak di kejer-kejer, kalo di Jogja emang pas banget buat liburan dan nenangin hati yaaak. Gak kebayang yang tinggal Jogja, pasti damai tentram tiap hari yaaaak hahaha. Kalau kata temen saya, kota tujuan dia nanti ya di Jogja. Buat nikmatin segala rutinitas yang ada di masa tua sama si aa' katanya. Hehe :)


cheers,

mayang alfina

2 comments:

  1. wahaaa nampak menyenangan :D
    kebetulan aku orang jogja, tapi nggak pernah bosen baca-baca atau nonton hal yang liputannya berbau jogja, nggak tau kenapa, hehe

    ReplyDelete
  2. Hai septi :) salam kenal yaah ..
    Iyaa , seneng banget waktu ke maen ke jogja. Kotanya asik dan ngangenin yah ternyata hehe
    Septi tinggal di daerah mana di jogja nya? Siapa tau ntar pas maen ke jogja bisa maen ke tempat septi :) hihi

    ReplyDelete